GELAR DONOR DARAH – MITRA 2 KKN TEMATIK COVID-19 KUMPULKAN PULUHAN KANTONG DARAH

Mitra 2 KKN Tematik Covid-19 Kelompok 14 UNISNU Jepara bersama Pak Harnoto bekerja sama dengan PMI Kab. Jepara untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah di Rumah Pak Harnoto yang berlokasi di Desa Ngasem Rt 05 Rw 01 (19/02/2021).

Koordinator Mitra 2 kelompok 14 KKN, Nur Muhaidi menyatakan tujuan diadakan donor darah untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat Desa Ngasem sekaligus membantu tersedianya stok darah di PMI Kab. Jepara.

Pada saat pelaksanaan kegiatan donor darah masyarakat sekitar sangat antusias dalam kegiatan ini. Hal ini terbukti dari 36 peserta yang berhasil mendonorkan darahnya hanya 25 orang yang bisa donor. Hal tersebut dikarenakan tidak semua peserta dapat memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh PMI. Banyak hal yang mengakibatkan peserta tidak dapat mendonorkan darahnya, rata-rata mereka yang gagal mendonorkan darahnya disebabkan oleh Hb dan tekanan darah yang tidak cukup.

Pihak PMI, Parino mengungkapkan bahwa kondisi tersedianya stok darah di PMI Kab. Jepara mendekati cukup.

“Memang dengan kondisi pandemi ini para pendonor darah juga menurun dibandingkan sebelum adanya pandemi. Biasanya stok darah terbanyak itu dari anak sekolah dan perbulan bisa mendapatkan 1500 kantong sedangkan di masa pandemi seperti ini rata-rata mendapapat 700-900 kantong perbulannya di PMI Kab. Jepara”. Tuturnya

Pak Parino juga menyatakan merasa sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan donor darah di Ngasem ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial dalam membantu orang lain di bidang sosial dan kesehatan. Diharapkan melalui kegiatan donor darah yang telah terlaksana ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan