Profil Desa Ngasem

Desa Ngasem sebagai salah satu desa di wilayah Kecamatan Batealit terletak di sebela Selatan Kota Jepara yang berbatasan dengan :

Sebelah Utara berbatasan dengan          : Desa Bawu

Sebelah Timur berbatasan dengan          : Desa Raguklampitan

Sebelah Selatan berbatasan dengan      : Desa Rengging

Sebelah Barat berbatasan dengan          : Desa Ngabul

Jarak Desa Ngasem ke Ibu Kota Kecamatan Batealit yaitu + 5 km dapat ditempuh dengan waktu + 15 menit apabila menggunakan kendaran bermotor. Sedangkan jarak ke Ibu Kota Kabupaten Jepara sejauh + 25 km dengan jarak tempuh + 30 menit apabila ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Dipandang dari ketinggian permukaan tanah dari permukaan air laut, wilayah Desa Ngasem terletak mulai dari 25000 m sampai dengan 30000 m.

Luas wilayah Desa Ngasem tercatat + 722 Ha, dengan perincian penggunaan lahan sebagaimana tabel berikut ini :

Perincian Penggunaan Lahan Desa Ngasem

NO

PENGGUNAAN

LUAS (Ha)

KETERANGAN

1

Pertanian

264

2

Perkebunan

0

3

Peternakan

0

4

Pemukiman

175

5

Tegalan

198

6

DLL

49

JUMLAH

722

Secara administratif wilayah Desa Ngasem terdiri dari  30 RT dan 03 RW, yang masuk ke dalam 3 wilayah pedukuhan, yaitu Dukuh : Candi,Krajan,Sukodono Kemudian secara topografi Desa Ngasem dapat dibagi dalam 1 wilayah, yaitu wilayah dataran tinggi di bagian menurut klasifikasinya Desa ngasem termasuk kategori Desa dataran tinggi.

Berdasarkan data adminitrasi desa, Penduduk Desa Ngasem pada tahun 2017, berjumlah 10.428 jiwa terdiri dari : penduduk berjenis kelamin laki-laki 5.309 jiwa dan perempuan 5.119 jiwa. Jumlah penduduk paling sedikit terdapat di Dukuh Krajan sebanyak 3.089  jiwa, dan terbanyak terdapat di Dukuh Krajan sebanyak 3.776 jiwa.

Adapun mata pencaharian penduduk Desa ngasem sebagian besar adalah Petani, kemudian Wiraswasta dan Tukang kayu serta sebagian kecil sopir

Facebook Comments